Scroll to Continue
Teknologi

Cara Memperbaiki Batre HP yang Kembung dengan Mudah dan Aman

370
×

Cara Memperbaiki Batre HP yang Kembung dengan Mudah dan Aman

Sebarkan artikel ini
Memperbaiki Batre HP

JURNALMEDIA.ID –¬†Cara Memperbaiki Batre HP yang Kembung dengan Mudah dan Aman.¬†Baterai adalah salah satu komponen penting pada smartphone yang sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah baterai yang kembung atau melembung. Baterai yang kembung dapat menyebabkan berbagai kerugian, seperti daya tahan yang menurun, performa yang menurun, bahkan risiko kebakaran atau ledakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara memperbaiki batre hp yang kembung dengan mudah dan aman.

Penyebab Baterai HP Kembung

Sebelum kita membahas cara memperbaiki batre hp yang kembung, kita perlu mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Baterai hp yang kembung disebabkan oleh adanya penumpukan gas di dalam sel baterai. Gas ini terbentuk akibat reaksi kimia yang tidak sempurna di dalam baterai. Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya reaksi kimia yang tidak sempurna ini, antara lain:

  • Usia baterai. Semakin lama usia baterai, semakin banyak siklus pengisian dan pengosongan daya yang terjadi. Hal ini dapat membuat reaksi kimia di dalam baterai menjadi tidak stabil dan menghasilkan gas.
  • Penggunaan charger yang tidak sesuai. Menggunakan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi baterai dapat menyebabkan arus listrik yang terlalu besar atau terlalu kecil. Hal ini dapat membuat baterai menjadi panas dan mempercepat proses pembentukan gas.
  • Penggunaan hp saat dicharge. Kebiasaan ini dapat membuat baterai menjadi lebih panas dan lebih cepat habis. Hal ini dapat membuat reaksi kimia di dalam baterai menjadi tidak optimal dan menghasilkan gas.
  • Suhu lingkungan yang ekstrem. Suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi kinerja baterai. Suhu yang terlalu panas dapat membuat baterai menjadi overheat dan menghasilkan gas. Suhu yang terlalu dingin dapat membuat baterai menjadi undercharge dan mengurangi kapasitasnya.
  • Kerusakan fisik pada baterai. Baterai yang terjatuh, terbentur, atau tergores dapat mengalami kerusakan pada lapisan pelindungnya. Hal ini dapat membuat baterai menjadi bocor dan mengeluarkan gas.
BACA JUGA :   iPhone yang Cocok untuk Gaming di Tahun 2023

Ciri-Ciri Baterai HP Kembung

Baterai hp yang kembung dapat dikenali dengan beberapa ciri-ciri, antara lain:

  • Baterai menjadi lebih besar atau lebih tebal. Ini adalah ciri-ciri yang paling mudah dilihat. Baterai yang kembung akan mengalami pembengkakan pada bagian tengah atau sampingnya. Hal ini dapat membuat baterai menjadi tidak pas dengan tempatnya di dalam hp.
  • Baterai menjadi lebih berat. Baterai yang kembung akan memiliki berat yang lebih berat daripada normal. Hal ini disebabkan oleh adanya gas yang menumpuk di dalam baterai.
  • Baterai menjadi lebih cepat habis. Baterai yang kembung akan memiliki kapasitas yang lebih rendah daripada normal. Hal ini disebabkan oleh adanya gas yang mengurangi ruang untuk menampung daya di dalam baterai.
  • Baterai menjadi lebih panas. Baterai yang kembung akan memiliki suhu yang lebih tinggi daripada normal. Hal ini disebabkan oleh adanya gas yang meningkatkan tekanan di dalam baterai.
  • Baterai menjadi lebih sulit dicharge. Baterai yang kembung akan memiliki impedansi yang lebih tinggi daripada normal. Hal ini disebabkan oleh adanya gas yang menghambat aliran arus listrik di dalam baterai.
BACA JUGA :   Cara Mengatasi Instagram Error Login iPhone: Paduan Lengkap

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung

Jika kita sudah mengetahui ciri-ciri baterai hp yang kembung, kita perlu segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. Baterai hp yang kembung dapat membahayakan hp dan penggunanya. Jika dibiarkan terus-menerus, baterai hp yang kembung dapat meledak atau terbakar. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi baterai hp yang kembung dengan mudah dan aman.

1. Lepaskan Baterai dari HP

Cara pertama yang harus kita lakukan adalah melepaskan baterai dari hp. Hal ini bertujuan untuk menghentikan proses reaksi kimia yang terjadi di dalam baterai dan mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut pada hp. Untuk baterai yang bisa dilepas, kita bisa langsung melepaskannya dengan menggunakan obeng atau alat lain yang sesuai. Untuk baterai yang tidak bisa dilepas, kita perlu membawa hp ke tempat service yang resmi atau yang ahli. Karena baterai yang tidak bisa dilepas membutuhkan penanganan khusus dan tidak boleh sembarangan dibuka.

BACA JUGA :   Cara Agar Nomor Tidak Dikenal Tidak Bisa Menelpon Kita di Android

2. Masukkan Baterai ke Lemari Pendingin

Cara kedua yang bisa kita lakukan adalah memasukkan baterai ke lemari pendingin atau kulkas. Hal ini bertujuan untuk menurunkan suhu baterai dan mengurangi tekanan gas di dalamnya. Kita bisa memasukkan baterai ke dalam kantong plastik yang kedap udara dan menempatkannya di bagian bawah lemari pendingin. Jangan memasukkan baterai ke dalam freezer atau bagian yang terlalu dingin, karena hal ini bisa membuat baterai menjadi rusak. Biarkan baterai di dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau semalaman.

3. Keluarkan Baterai dari Lemari Pendingin dan Keringkan

Cara ketiga yang harus kita lakukan adalah mengeluarkan baterai dari lemari pendingin dan mengeringkannya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kelembaban yang mungkin ada di permukaan baterai. Kita bisa mengeluarkan baterai dari kantong plastik dan menepuk-nepuknya dengan kain kering atau tisu. Jangan menggunakan pengering rambut atau alat pemanas lainnya, karena hal ini bisa membuat baterai menjadi panas dan mengembang lagi. Biarkan baterai mengering di tempat yang sejuk dan kering selama beberapa jam.