Scroll to Continue
Berita

Dinas Perhubungan Kota Banjar dan Polres Banjar Lakukan Ram Check Kendaraan Study Tour Siswa Siswi SMA Negeri 1 Banjar Siswi

166
×

Dinas Perhubungan Kota Banjar dan Polres Banjar Lakukan Ram Check Kendaraan Study Tour Siswa Siswi SMA Negeri 1 Banjar Siswi

Sebarkan artikel ini
Dinas Perhubungan Kota Banjar dan Polres Banjar Lakukan Ram Check Kendaraan Study Tour Siswa Siswi SMA Negeri 1 Banjar Siswi

BANJAR, JURNALMEDIA.ID –  Dinas Perhubungan Kota Banjar, Jawa Barat bersama dengan Satlantas Polres Banjar melakukan Ram Check di Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Banjar, Minggu (19/05/2024) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Sebanyak sembilan unit bus diperiksa secara menyeluruh sebelum membawa 397 siswa-siswi dari SMA Negeri 1 Banjar dalam perjalanan study tour ke Malang, Jawa Timur.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Banjar, Wardoyo, menjelaskan bahwa Ram Check ini bertujuan untuk memastikan kelayakan segala komponen bus.

“Kami memeriksa rem, lampu, wiper, serta seluruh komponen lainnya untuk memastikan semua dalam kondisi baik,” ujar Wardoyo kepada awak media.

Permintaan untuk melakukan Ram Check ini datang dari pihak SMA Negeri 1 Banjar. Mereka ingin memastikan keamanan dan kenyamanan siswa selama perjalanan.

BACA JUGA :   Pemkab Bogor Gelar OPM Dengan Sasaran 35.552 Orang Terdampak Inflasi Kenaikan BBM

“Ini adalah permintaan dari pihak sekolah untuk memeriksa kelaikan bus yang akan digunakan,” tambah Wardoyo.

Dalam pemeriksaan tersebut, semua bus dinyatakan layak jalan. Wardoyo menambahkan bahwa bus pariwisata yang akan digunakan merupakan keluaran tahun 2023, sehingga kondisinya masih sangat baik.

“Hasil Ram Check menunjukkan bahwa seluruh bus laik jalan, terlebih bus pariwisata tersebut merupakan keluaran tahun 2023,” ungkapnya.

Selain memeriksa kondisi bus, para sopir juga diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan kesehatan ini penting untuk memastikan bahwa sopir dalam kondisi prima untuk mengemudikan bus dalam perjalanan jauh.

“Seluruh sopir juga di-check kesehatannya untuk memastikan mereka fit saat mengemudikan bus,” jelas Wardoyo.

Surat-surat kendaraan termasuk uji KIR juga diperiksa dan dinyatakan lengkap. Hal ini menunjukkan bahwa semua bus memenuhi persyaratan administrasi untuk beroperasi.

BACA JUGA :   Bupati dan Jajaran Pemkab Pangandaran Shalat Ied Bareng Warga di Alun-alun Parigi

“Surat-surat kendaraan lengkap termasuk uji KIR. Bus siap diberangkatkan,” lanjut Wardoyo.

Pihak sekolah merasa lega dengan hasil pemeriksaan ini. Mereka berharap perjalanan study tour ini berjalan lancar dan siswa-siswi dapat belajar banyak dari pengalaman ini.

“Kami sangat menghargai upaya Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Banjar dalam memastikan keselamatan siswa-siswi kami,” ujar Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Banjar, H. Barnas.

Orang tua siswa juga menyambut baik langkah ini. Mereka merasa lebih tenang mengetahui bahwa bus yang akan membawa anak-anak mereka telah melalui pemeriksaan ketat.

“Kami merasa lebih tenang mengetahui bahwa bus telah diperiksa dan dinyatakan layak jalan,” ujar salah satu orang tua siswa, Aat Setiana.

BACA JUGA :   Petugas Damkar Pos WMK Banjarsari Evakuasi 2 Sarang Tawon

Langkah ini juga menunjukkan komitmen Dinas Perhubungan Kota Banjar dalam menjaga keselamatan transportasi umum, terutama untuk kegiatan pendidikan seperti study tour. Wardoyo menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan ketat terhadap kendaraan umum yang digunakan untuk kegiatan serupa.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, diharapkan study tour ke Malang dapat memberikan pengalaman berharga bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Banjar dan berjalan dengan aman dan lancar.(Ucup)