Scroll to Continue
Parlemen

DPRD Pangandaran Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Tasikmalaya Terkait Ekonomi

49
×

DPRD Pangandaran Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Tasikmalaya Terkait Ekonomi

Sebarkan artikel ini
DPRD Pangandaran Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Tasikmalaya Terkait Ekonomi

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – DPRD Kabupaten Pangandaran menerima Kunjungan Kerja dari Pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Kunjungan ini bertujuan untuk sharing dan diskusi terkait Strategi Pengembangan dan Pengawasan Ekonomi, bertempat di gedung DPRD Kabaupaten Pangandaran, Selasa, 21 Mei 2024.

Dalam forum diskusi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin menekankan pentingnya strategi pengembangan dan pengawasan ekonomi yang terintegrasi. Hal ini dilakukan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Pengembangan ekonomi daerah harus didukung oleh strategi yang komprehensif dan terukur. Tidak hanya terfokus pada pertumbuhan, tapi juga pemerataan dan keberlanjutan,” ujarnya.

Asep mengatakan, salah satu kunci utamanya adalah sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah, DPRD, dan pemangku kepentingan lainnya. Ia menegaskan, di Kabupaten Pangandaran sendiri sinergitas tersebut sudah terjalin dengan baik. Setiap lembaga memiliki peran dan fungsi yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama.

BACA JUGA :   Berikan Dukungan, Ketua DPRD Pangandaran Sambangi Atlet Disabilitas yang Akan Bertanding di Pepaperda Jabar 2023

“Kami di DPRD berperan untuk menyusun kebijakan dan regulasi yang mendukung pengembangan ekonomi daerah. Namun, implementasi di lapangan tentu menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah,” terangnya.

Terkait pengawasan, Asep menekankan perlunya mekanisme kontrol yang kuat dan transparan. Ia mencotohkan bagaimana masyarakat juga memiliki peran yang sangat krusial dalam hal pengawasan, terutama yang terkait dengan anggaran. Hal ini karena mereka adalah bagian yang paling merasakan dampak dari sebuah kebijakan.

“Pengawasan harus dilakukan secara komprehensif, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, hingga evaluasi. Hal ini penting untuk menjamin akuntabilitas dan mencegah penyimpangan,” tegasnya.