Scroll to Continue
Peristiwa

Gegara Warga Bakar Sampah, Lahan di Kota Banjar Terbakar

380
×

Gegara Warga Bakar Sampah, Lahan di Kota Banjar Terbakar

Sebarkan artikel ini
Petugas Damkar Kota Banjar tengah memadamkan kobaran api yang membakar lahan. Foto: Ist/JM

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Kebakaran lahan terjadi di Dusun Pangasinan Rt 02/07 Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa 15 Agustus 2023 sekitar pukul 17.00 WIB.

Salah seorang warga, Asep Suryana mengatakan, peristiwa kebakaran lahan tersebut berawal dari api pembakaran sampah di kawasan lahan yang dilakukan oleh salah seorang warga.

Api dari pembakaran sampah tersebut, kemudian semakin membesar dan merambat ke lahan ilalang. Karena panik warga kemudian melapor petugas untuk membantu memadamkan api.

“Warga sudah berusaha memadamkan api pakai peralatan seadanya yakni ember, namun api semakin membesar hingga akhirnya warga melapor ke petugas pemadam kebakaran,” terang Asep.

Sementara itu, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Banjar, Aam Amijaya membenarkan, adanya lahan yang terbakar yang disebabkan dari pembakaran sampah.

BACA JUGA :   Diduga Stres Seorang Lelaki Tanpa Indentitas Terserempet Kereta Api

Kemudian, api dengan cepat merambat ke lahan kosong yang cukup luas. Petugas kemudian menerjunkan satu unit mobil pemadam untuk memadamkan kobaran api yang sudah membakar lahan ilalang tersebut.

“Untuk menghindari api merambah ke pemukiman warga, petugas pun berjibaku memadamkan api yang membakar lahan kosong,” ungkapnya.

Aam mengimbau, warga untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya terjadinya kebakaran, seperti kebakaran lahan yang disebabkan membakar sampah sembarangan.

“Kami mengimbau agar berhati-hati melakukan pembakaran sampah, terlebih sekarang sudah memasuki musim kemarau. Ketika ada unsur kesengajaan kami tentunya akan memberikan teguran bahkan sanksi,” tegasnya.

Berdasarkan data laporan yang masuk ke tim petugas pemadam. Kebakaran lahan tersebut sudah terjadi yang ketiga kalinya dalam rentang waktu yang cukup berdekatan.

BACA JUGA :   Oknum ASN di Tasikmalaya Diduga Lakukan Kekerasan, Ayah Korban Lapor KPAD

Penulis: Ucup Lesmana