Berita

Gerakan Penanaman Pohon di Kawasan Bantaran Sungai Citanduy: Komitmen Bersama Pelestarian Lingkungan Hidup

249
×

Gerakan Penanaman Pohon di Kawasan Bantaran Sungai Citanduy: Komitmen Bersama Pelestarian Lingkungan Hidup

Sebarkan artikel ini
Gerakan Penanaman Pohon di Kawasan Bantaran Sungai Citanduy: Komitmen Bersama Pelestarian Lingkungan Hidup

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Pemerintah Kota Banjar bersama Polres Banjar mengadakan kegiatan Penanaman Pohon, dengan Mengambil Tema Bersama “Penanaman Sepuluh Ribu Pohon Bersama Polri “, Rabu(15/11/2023).

Hadir dalam acara Gerakan Menanam Sepuluh Ribu Pohon diantara nya, Sekretaris Daerah Kota Banjar Dr. H. Soni Harison, Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, Kalapas Amico Balalembang diwakili Heryana Kasi Kamtib Lapas IIB Banjar dan Komandan Kompi Senapan A Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih Kostrad Lettu Inf Syaeful Bachri.

Gerakan penanaman sepuluh ribu pohon ini juga taka ketinggalan turut menggandeng para OPD, BUMD, BUMM serta menggandeng elemen masyarakat dan aktivis lingkungan hidup bersama-sama menanam pohon di kawasan bantaran sungai Citanduy.

Gerakan tanam pohon di kawasan bantaran sungai Citanduy secara simbolis terpusat di bawah Jembatan Baru, Lingkungan Parunglersang, Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

BACA JUGA :  Operasi Keamanan Jelang Ramadhan: Razia Besar-besaran di Lapas IIB Banjar

Penanaman pohon ini bagian dari pada wujud nyata TNI-Polri dan Pemerintah serta masyarakat berkomitmen bersama agar selalu peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup juga melindungi sumber daya alam, sekaligus upaya kolektif, tidak hanya melambangkan langkah menuju masa depan yang lebih hijau. Namun juga mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan kawasan daerah aliran sungai agar lebih asri dan indah.

Sekretaris Daerah Kota Banjar Dr. H. Soni Harison menyampaikan, penanaman pohon ini tindak lanjut dari program pemerintah pusat ke daerah. Kegiatan ini tidak hanya di Kota Banjar, tetapi serentak seIndonesia hari ini melakukan penanaman pohon.

“Penanaman pohon ini juga mendukung pencapaian dari visi misi Pemerintah Kota Banjar diantaranya yaitu pelestarian Lingkungan Hidup. Dengan menanam pohon bisa mengurangi emisi gas karbon,” kata H. Soni Harison.

BACA JUGA :  Ratusan Botol Miras dan Knalpot Hasil Operasi Dimusnahkan Polres Ciamis

Sekda berharap ini menjadi pilot project yang mana penanaman pohon ini bisa dilakukan secara berkala terutama di kawasan bantaran sungai.

“Semua itu untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan mengurangi emisi gas karbon,” katanya.

Terpisah, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengucapkan terima kasih atas kesempatan berkontribusi terhadap isu lingkungan hidup yang begitu signifikan. Pihaknya menekankan pentingnya upaya kolaboratif dalam mengatasi tantangan lingkungan dan menyoroti peran militer dalam mendukung inisiatif masyarakat yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Kami tetap berdedikasi untuk mendukung inisiatif yang mengedepankan kesadaran dan keberlanjutan lingkungan. Upaya-upaya tersebut mencerminkan komitmen yang lebih luas untuk menciptakan keseimbangan yang harmonis antara tanggung jawab militer dan pengelolaan lingkungan hidup,” pungkas nya. (Johan)