Scroll to Continue
Olahraga

Jadwal MotoGP 2024: Seri Baru di Kazakhstan dan Mandalika

68
×

Jadwal MotoGP 2024: Seri Baru di Kazakhstan dan Mandalika

Sebarkan artikel ini
Jadwal MotoGP 2024: Seri Baru di Kazakhstan dan Mandalika

JURNALMEDIA.IDJadwal MotoGP 2024: Seri Baru di Kazakhstan dan Mandalika. MotoGP 2024 akan segera dimulai pada bulan Maret mendatang dengan seri pembuka di Qatar. Ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini akan menampilkan 22 seri yang tersebar di berbagai negara dan benua. Salah satu hal yang menarik dari jadwal MotoGP 2024 adalah adanya seri baru di Kazakhstan dan Indonesia. Seri Kazakhstan akan digelar di sirkuit Almaty International Circuit, sedangkan seri Indonesia akan digelar di sirkuit Mandalika di Lombok. Kedua seri ini diharapkan dapat menambah daya tarik dan variasi MotoGP, serta memperluas pasar dan penggemar olahraga ini.

Seri Kazakhstan: Debut Perdana di Asia Tengah

Seri Kazakhstan akan menjadi seri ke-16 dalam jadwal MotoGP 2024. Seri ini akan berlangsung pada 6-8 September 2024 di sirkuit Almaty International Circuit, yang terletak di ibu kota Kazakhstan, Almaty. Sirkuit ini merupakan sirkuit baru yang dibangun dengan standar internasional dan memiliki panjang 5,3 km. Sirkuit ini memiliki 18 tikungan, 10 ke kanan dan 8 ke kiri, serta dua lurusan panjang yang mencapai 1 km. Sirkuit ini juga memiliki ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, yang akan memberikan tantangan tersendiri bagi para pembalap dan tim.

Seri Kazakhstan akan menjadi seri pertama MotoGP yang digelar di Asia Tengah, sebuah wilayah yang belum pernah tersentuh oleh ajang balap motor ini sebelumnya. Seri ini diharapkan dapat meningkatkan popularitas MotoGP di kawasan ini, yang memiliki potensi pasar yang besar. Selain itu, seri ini juga akan menjadi kesempatan bagi para pembalap dan tim untuk menjajal sirkuit baru yang menantang dan menarik.

BACA JUGA :   Peringati Hari Pahlawan Warga Masyarakat Diajak Gowes Bareng H.Bambang¬†

Seri Indonesia: Kembalinya MotoGP ke Tanah Air

Seri Indonesia akan menjadi seri ke-18 dalam jadwal MotoGP 2024. Seri ini akan berlangsung pada 27-29 September 2024 di sirkuit Mandalika, yang terletak di kawasan wisata Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini merupakan sirkuit jalanan yang dibangun khusus untuk MotoGP dan memiliki panjang 4,3 km. Sirkuit ini memiliki 19 tikungan, 11 ke kiri dan 8 ke kanan, serta dua lurusan panjang yang mencapai 900 meter. Sirkuit ini juga memiliki pemandangan alam yang indah, dengan latar belakang pantai, bukit, dan gunung.

Seri Indonesia akan menjadi seri kedua MotoGP yang digelar di Indonesia, setelah seri pertama yang digelar di sirkuit Sentul, Jawa Barat, pada tahun 1996 dan 1997. Seri ini diharapkan dapat memenuhi harapan dan antusiasme para penggemar MotoGP di Indonesia, yang merupakan salah satu negara dengan basis penggemar terbesar di dunia. Selain itu, seri ini juga akan menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia, khususnya Lombok, yang memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Persaingan Sengit di MotoGP 2024

Selain jadwal yang menarik, MotoGP 2024 juga akan menampilkan persaingan sengit di antara para pembalap dan tim. Francesco Bagnaia, yang merupakan juara dunia MotoGP 2023, akan kembali berusaha mempertahankan gelarnya musim depan. Pembalap asal Italia ini akan menghadapi tantangan dari para rivalnya, seperti Fabio Quartararo, Joan Mir, Jack Miller, Maverick Vinales, dan Marc Marquez. Selain itu, ada juga beberapa pembalap muda yang siap menunjukkan bakat dan kemampuan mereka, seperti Raul Fernandez, Remy Gardner, Marco Bezzecchi, dan Jorge Martin.

BACA JUGA :   Kualifikasi Euro 2024: Timnas Inggris Menghancurkan Malta 4-0, Prancis Menang Telak Atas Gibraltar

MotoGP 2024 juga akan menjadi musim perubahan bagi beberapa tim. Tim pabrikan Yamaha akan diperkuat oleh dua pembalap baru, yaitu Franco Morbidelli dan Enea Bastianini, yang menggantikan Vinales dan Valentino Rossi. Tim pabrikan Honda akan kembali berduet dengan Marquez dan Pol Espargaro, setelah Marquez absen sebagian besar musim 2023 karena cedera. Tim pabrikan Ducati akan tetap mempertahankan duet Bagnaia dan Miller, yang berhasil memberikan gelar juara dunia pembalap dan tim pada musim 2023. Tim pabrikan Suzuki akan tetap mempercayakan Mir dan Alex Rins, yang berusaha membalas kekalahan mereka pada musim 2023. Tim pabrikan KTM akan tetap mengandalkan Brad Binder dan Miguel Oliveira, yang menunjukkan peningkatan performa pada musim 2023. Tim pabrikan Aprilia akan tetap memasang Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori, yang berharap dapat meraih hasil yang lebih baik pada musim 2024.

Jadwal Lengkap MotoGP 2024

Berikut adalah jadwal lengkap MotoGP 2024, yang terdiri dari 22 seri balapan:

Tabel

No Tanggal Seri Sirkuit Negara
1 8-10 Maret Qatar Losail International Circuit Qatar
2 22-24 Maret Thailand Chang International Circuit Thailand
3 5-7 April Amerika Circuit of the Americas Amerika Serikat
4 12-14 April Argentina Termas de Rio Hondo Argentina
5 3-5 Mei Spanyol Circuito de Jerez Spanyol
6 17-19 Mei Prancis Le Mans Prancis
7 31 Mei-2 Juni Italia Autodromo del Mugello Italia
8 14-16 Juni Catalunya Circuit de Barcelona-Catalunya Spanyol
9 28-30 Juni Belanda TT Circuit Assen Belanda
10 12-14 Juli Jerman Sachsenring Jerman
11 9-11 Agustus Finlandia KymiRing Finlandia
12 23-25 Agustus Austria Red Bull Ring Austria
13 6-8 September Kazakhstan Almaty International Circuit Kazakhstan
14 13-15 September San Marino Misano World Circuit Marco Simoncelli San Marino
15 20-22 September Aragon MotorLand Aragon Spanyol
16 27-29 September Indonesia Mandalika International Street Circuit Indonesia
17 4-6 Oktober Jepang Twin Ring Motegi Jepang
18 18-20 Oktober Australia Phillip Island Circuit Australia
19 25-27 Oktober Malaysia Sepang International Circuit Malaysia
20 1-3 November Portugal Algarve International Circuit Portugal
21 8-10 November Valencia Circuit Ricardo Tormo Spanyol
22 15-17 November Valencia Circuit Ricardo Tormo Spanyol
BACA JUGA :   Epoy: Dengan Olahraga Wujudkan Masyarakat Kota Banjar Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera

Demikian artikel yang saya buat tentang jadwal MotoGP 2024. Semoga artikel ini bermanfaat dan menarik bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.