Scroll to Continue
Berita

Jembatan Sodongkopo Nusawiru Pangandaran Terpanjang di Provinsi Jawa Barat

202
×

Jembatan Sodongkopo Nusawiru Pangandaran Terpanjang di Provinsi Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil didampingi Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, melakukan Ground Breaking Pembangunan Jembatan Sodongkopo Nusawiru. Foto: Prokopim/JM

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meletakkan batu pertama proyek Jembatan Sodongkopo di Nusawiru, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu 09 Juli 2023.

Jembatan Sodongkopo menghubungkan garis pantai sepanjang 91 kilometer mulai dari Pantai Batuhiu, Bojongsalawe, Nusawiru, Batukaras, dan Pantai Madasari. Termasuk menghubungkan ke Bandara Nusawiru yang cukup aktif dipakai penerbangan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil didampingi Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, melakukan Ground Breaking Pembangunan Jembatan Sodongkopo Nusawiru.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Dandim 0625/Pangandaran, Kapolres Pangandaran, serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Pangandaran.

BACA JUGA :   Pembangunan Rumah untuk Veteran di Kota Banjar Mencapai 65 Persen

Jembatan Sodongkopo sangat dibutuhkan oleh masyarakat Pangandaran, karena dapat memperpendek jalur Nusawiru-Batukaras. Jembatan ini ditargetkan selesai pada akhir Desember 2023. Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Ir. Bambang Tirto Yuliono, MM., melaporkan bahwa jembatan ini akan dibangun dengan menggunakan 1 bentang dengan panjang 140 meter dan lebar 15 meter. Struktur atas jembatan akan menggunakan rangka baja pelengkung dengan tinggi pelengkung 26 meter.

Dalam sambutannya, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat selalu mendukung pembangunan di Kabupaten Pangandaran.

“Tanggal 25 Oktober tahun ini, Kabupaten Pangandaran akan berusia 11 tahun. Hampir 5 atau 6 tahun ini sesuai dengan masa bakti Pak Gubernur, pembangunan Kabupaten Pangandaran dapat kita rasakan. Infrastruktur, jalan-jalan ke kampung, sekolah, puskesmas, rumah sakit, dan tentu penataan kawasan pantai yang sudah kita rasakan saat ini sangat luar biasa. Saya tidak akan bisa apa-apa tanpa dukungan beliau (Gubernur) yang luar biasa,” ujarnya.

BACA JUGA :   Bupati Ciamis Lepas 352 Jema'ah Calon Haji, Begini Pesannya

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil menyebutkan, pihak akan terus mendukung pembangunan Jembatan Sodongkopo dengan tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Dimana ada infrastruktur, disitu ada kemajuan. Dimana ada kecepatan, disitu ekonomi akan meningkat. Jadi hari ini kita akan menyambungkan dua wilayah yang tadinya terpisah oleh sungai, butuh waktu lama dan berputar-putar, sekarang dalam hitungan menit bisa sampai di tempat yang kita tuju, yaitu Batukaras,” ungkapnya.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil berharap Jembatan Sodongkopo selesai akhir 2023. Jembatan Sodongkopo akan menggantikan jembatan darurat tipe bailey yang telah dibongkar pada Mei lalu.

“Saya doakan lancar tidak ada halangan, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan, yang tadinya ke Batukaras butuh satu jam kurang lebih, memutar, sekarang mungkin hanya 10 menit,” ucap Emil.

BACA JUGA :   Rayakan Milangkala ke-44, Pemdes Karyamukti Gelar Jalan Santai

Jembatan Sodongkopo, sambung Emil, merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan konektivitas wilayah di Pangandaran yang akan menstimulus pariwisata dan ekonomi kawasan.

“Pemerintah Provinsi Jabar telah menganggarkan Rp72 miliar untuk infrastruktur di Pangandaran. saat ini sudah dilelang, sudah dimenangkan, dan siap untuk dipercepat pembangunannya. Kalau tidak ada halangan bulan November – Desember Insyallah selesai,” paparnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Jawa Barat, didampingi oleh Bupati Pangandaran.

Penulis: dry