Scroll to Continue
Berita

Ledakan Misterius di Markas Gegana Surabaya, Diduga Berasal dari Sisa Bahan Peledak

64
×

Ledakan Misterius di Markas Gegana Surabaya, Diduga Berasal dari Sisa Bahan Peledak

Sebarkan artikel ini
Ledakan Misterius di Markas Gegana Surabaya, Diduga Berasal dari Sisa Bahan Peledak

JURNALMEDIA.IDSuara ledakan mengguncang kantor Subden Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim), Surabaya, pada Senin (4/3/2024) pagi. Ledakan itu terdengar hingga radius sekitar 1 kilometer dari lokasi kejadian, yaitu Jalan Raya Gresik, Surabaya.

 

Warga di sekitar lokasi berhamburan keluar rumah untuk mencari tahu sumber suara ledakan tersebut. Hartati, pedagang makanan di seberang markas Gegana, mengaku sempat mengira ledakan itu berasal dari ban truk yang meledak.

 

“Saya lagi masak di warung, tiba-tiba dengar suara ledakan keras. Saya kaget, saya kira ban truk meledak. Tapi ternyata dari sana (markas Gegana),” kata Hartati kepada Kompas.com, Senin (4/3/2024).

BACA JUGA :   DPC Demokrat Ciamis Segera Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Ciamis

 

Hartati mengatakan, setelah mendengar suara ledakan, ia melihat asap hitam membumbung dari arah markas Gegana. Ia juga melihat beberapa petugas kepolisian berlarian keluar dari lokasi.

 

“Ada asap hitam, banyak polisi keluar. Saya takut, saya langsung tutup warung dan pulang,” ujar Hartati.

 

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto menuturkan, sumber ledakan di Mako Brimob Polda Jatim itu diduga berasal dari sisa temuan bahan peledak yang akan dimusnahkan. Sisa bahan peledak disimpan di sebelah kantor Den Gegana. Pagi tadi meledak.

 

“Kami masih melakukan penyelidikan, tapi diduga kuat sumber ledakan itu dari sisa bahan peledak yang akan dimusnahkan. Kami masih menghitung jumlahnya, tapi tidak banyak,” kata Imam Sugianto.

BACA JUGA :   Pj. WaliKota Banjar Hadiri Penyaluran Insentif untuk Pendidik Agama

 

Imam Sugianto menambahkan, tidak ada korban jiwa akibat ledakan tersebut. Namun, ada beberapa kerusakan yang terjadi di sekitar lokasi, seperti pecahnya kaca jendela dan retaknya dinding.

 

“Kami minta maaf kepada warga sekitar yang terganggu akibat ledakan ini. Kami akan segera memperbaiki kerusakan yang ada. Kami juga berterima kasih atas kerjasama dan pengertian warga,” ucap Imam Sugianto.

 

Ledakan di markas Gegana Surabaya ini menjadi peristiwa kedua yang terjadi di tahun ini. Sebelumnya, pada Januari 2024, terjadi ledakan di markas Gegana Polda Metro Jaya, Jakarta, yang juga diduga berasal dari sisa bahan peledak.