Scroll to Continue
Berita

Memerangi Jukir Ilegal: Langkah Antisipatif Tim Saber Pungli Kota Banjar di Masa Idul Fitri

57
×

Memerangi Jukir Ilegal: Langkah Antisipatif Tim Saber Pungli Kota Banjar di Masa Idul Fitri

Sebarkan artikel ini
Memerangi Jukir Ilegal: Langkah Antisipatif Tim Saber Pungli Kota Banjar di Masa Idul Fitri

BANJAR, JURNALMEDIA.ID –  Memasuki H-7 hari raya idul Fitri lonjakan tingginya minat masyarakat dalam berbelanja segala kebutuhan baik sandang ataupun pangan, bersamaan dengan tingginya lonjakan minat masyarakat berbelanja makin menjamur pula bermuculan para juru parkir (Jukir) ilegal di Kota Banjar, Jawa Barat.

Sebagai langkah dalam mengantisipasi dengan menjamurnya para jukir dadakan berpotensi muncul nya praktik pungutan liar. Untuk itu sebagai langkah antisipasi tim Saber Pungli Kota Banjar langsung turun tangan. Tim Saber Pungli menyisir sejumlah lokasi area parkir dan titik titik yang di jadikan tempat para juru parkir ilegal beraksi.

Dari hasil penyisiran terdapat sejumlah tempat dan juga juru parkir yang tertangkap tangan. Selanjutnya, para juru parkir liar yang tertangkap tangan karena adanya dugaan pungutan liar ini langsung dibawa oleh tim Saberpungli ke kantor Unit Pemberantasan Pungli Kota Banjar kemudian dilakukan pendataan.

BACA JUGA :   Optimis Menangkan Pemilu 2024, Bacaleg DPR RI Jabar X Perkuat Kolaborasi Antar Bakal Caleg

Menurut Kepala UPP Saber Pungli Kota Banjar, Kompol Tommy Widodo, tim nya melakukan penyisiran ke titik-titik yang berpotensi adanya praktek Pungutan liar.

” Untuk mengantisipasi menjamurnya praktek pungutan liar, Kami melakukan penyisiran ke lokasi-lokasi parkir yang terdapat juru parkir liarnya. Menjelang Hari Raya Idul Fitri ini,,” ujar Kepala UPP Saber Pungli Kota Banjar, Kompol Tommy Widodo, Rabu (03/042024).

Keramaian menjelang hari raya idul Fitri, para juru parkir ilegal ini mematok uang parkir lebih dari ketentuan. Selain mematik tarif parkir lebih dari ketentuan selain itu mereka juga memungut uang kepada pengendara tanpa adany karcis parkir sesuai ketentuan yang berlaku .

“kami mendapatkan adalah para juru parkir ilegal yang mana mereka tidak terdata dan tidak mengantongi surat tugas dari Dinas Perhubungan setempat. Hasil pungutan parkirnya pun tidak masuk ke keuangan negara,” ungkapnya lagi

BACA JUGA :   Kendala Ekspor UMKM Viral: Bea Cukai Respon Terkait Permintaan Pembayaran Rp188 Juta

Lanjutnya, penertiban juru parkir liar musiman ini untuk memutus kebiasaan paraktik pungli yang selama ini sangat meresahkan masyarakat. Dan Ia berharap, dengan penertiban ini, para juru parkir liar bisa menghentikan kegiatannya.

“Kami telah mendata sejumlah lokasi parkir yang banyak juru parkir liarnya. Kemudian untuk juru parkir yang terjaring, kita berikan pembinaan,” jelasnya.

Selanjutnya, tim Saber Pungli juga tak lupa menyisir Terminal Tipe A Kota Banjar untuk mengantisipasi praktik calo tiket bus.

“ Selain menertibkan para Jukir musiman kami juga melakukan antisipasi pencegahan pungli dengan memasang spanduk di kantor Dinas Pendidikan, kantor Badan Kepegawaian, kantor Badan Keuangan, dan kantor Dinas Perizinan Kota Banjar,” Pungkas Tommy. (Johan /Ucup)