Teknologi

Pengiriman PC Jatuh Lebih dari 28 Persen pada Kuartal Keempat

84
×

Pengiriman PC Jatuh Lebih dari 28 Persen pada Kuartal Keempat

Sebarkan artikel ini

JURNALMEDIA.ID – Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi pasar sudah matang untuk penurunan tajam permintaan PC pada musim liburan ini. Namun, kini semakin jelas seberapa parah penurunan tersebut. Gartner dan IDC memperkirakan pengiriman PC turun lebih dari 28 persen dari tahun ke tahun pada kuartal keempat 2022.

Ini merupakan penurunan kuartalan terbesar yang pernah dicatat Gartner sejak mulai melacak pasar komputer pada 1990-an. Kedua kelompok analis juga mencatat penurunan pengiriman tahunan lebih dari 16 persen pada 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dampak Terbesar pada Merek Tertentu

Beberapa produsen menderita lebih parah dibandingkan yang lain. Tiga merek teratas, Lenovo, HP, dan Dell, mengalami penurunan pengiriman antara 29 persen hingga 37 persen pada akhir 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Acer mengalami pukulan yang luar biasa dengan penurunan sebesar 41 persen menurut Gartner. Di tempat keempat, Apple mengalami penurunan yang relatif ringan, meskipun pengirimannya tetap turun hingga 10 persen.

BACA JUGA :  5 Contoh Perkembangan Teknologi Informasi

Penjelasan Penurunan Penjualan PC

Gartner dan IDC berbagi penjelasan yang sama. Penjualan PC melonjak pada 2021 karena orang-orang terus bekerja dari rumah selama pandemi, tetapi minat tersebut menurun seiring dengan kembalinya orang-orang ke kantor. Selain itu, ekonomi global yang memburuk membuat orang memiliki lebih sedikit uang untuk membeli perangkat baru. Calon pelanggan baik sudah memiliki PC terbaru atau kesulitan untuk membeli yang baru, sederhananya.

Konteks Penurunan Pengiriman PC

IDC cepat memberi konteks pada penurunan yang tampaknya tajam ini. Meskipun penurunan kuartalan dan tahunan cukup besar, pengiriman pada 2022 masih “jauh di atas” angka sebelum pandemi menurut para peneliti. Meskipun permintaan masih tampak suram, pasar tetap lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

BACA JUGA :  iPhone yang Cocok untuk Gaming di Tahun 2023

Prospek Pasar PC ke Depan

Namun, jangan berharap masa kejayaan PC kembali dalam waktu dekat. Kedua kelompok analis tidak mengharapkan pasar pulih secara signifikan hingga 2024, dan IDC hanya melihat “peluang terbatas” pada 2023. Suka atau tidak suka, para pembuat PC mungkin harus bersiap dan berharap bahwa kombinasi desain baru dan pemotongan harga akan mempertahankan minat untuk tahun depan.

Kesimpulan

Penurunan permintaan PC yang tajam ini mencerminkan perubahan besar dalam pola pembelian konsumen dan kondisi ekonomi global. Dengan pasar yang tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan cepat, para produsen harus beradaptasi dengan strategi baru untuk menarik perhatian konsumen dan menjaga kelangsungan bisnis mereka.