Scroll to Continue
Berita

Polres Banjar Bersama Masyarakat Bersih-Bersih Sampah di Pasar Banjar

174
×

Polres Banjar Bersama Masyarakat Bersih-Bersih Sampah di Pasar Banjar

Sebarkan artikel ini
Personel Polres Banjar memungut sampah yang berserakan di Pasar Banjar. Foto: Ucup/JM

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Kepedulian Polri terhadap masalah sampah terlihat dalam salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Polres Banjar, Polda Jawa Barat.

Kegiatan dengan tema “Membersihkan Sampah Serentak Bersama Polri” diadakan di Pasar Kota Banjar, melibatkan berbagai instansi, organisasi masyarakat, karang taruna, komunitas, dan masyarakat umum.

Sebanyak 150 anggota gabungan dari Polres Banjar, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas UMKM, organisasi masyarakat, dan karang taruna turut serta dalam kegiatan ini. Mereka membersihkan sisa sampah plastik, sayuran, dan sampah lainnya menggunakan sapu lidi dan serokan.

Setelah proses pembersihan, sampah-sampah tersebut dikumpulkan dalam plastik besar dan diangkut menggunakan truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Cibeureum, Kota Banjar.

BACA JUGA :   Situ Leutik Surut, Lahan Pertanian Seluas 78 Hektare di Kota Banjar Terancam Gagal Panen

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo melalui Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Banjar, Kompol Dies Ratmono, mengatakan bahwa budaya membuang sampah pada tempatnya harus terus digelorakan. Menurutnya, jika hal tersebut dilakukan secara konsisten, maka dapat menginspirasi banyak orang.

“Kita harus bijaksana dalam menjaga lingkungan demi kesejahteraan semua orang. Masalah sampah juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan karena berkaitan dengan peristiwa seperti banjir dan pencemaran lingkungan,” ujarnya kepada jurnalmedia.id, Kamis 13 Juli 2023.

Ratmono menambahkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih belum optimal. Oleh karena itu, Polri mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah.

BACA JUGA :   Dadang Solihat Resmi Mencalonkan Diri di Pilkada Pangandaran

“Masalah sampah ini sangat serius dan memiliki dampak negatif yang merugikan lingkungan secara menyeluruh. Oleh karena itu, kami dari Polri mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah dan membuangnya pada tempat yang sesuai. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas KUKMP Kota Banjar, Neneng Widya Hastuti, memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Polres Banjar. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan kenyamanan lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Polres Banjar yang telah membantu membersihkan sampah di area pasar Banjar. Kegiatan ini sangat positif dan sebaiknya dilakukan minimal sekali dalam sebulan. Melalui kegiatan ini, kami merasa sangat terbantu terutama dalam mengatasi masalah sampah,” ucapnya.

BACA JUGA :   Dorong Kesadaran Masyarakat Untuk Tertib Lalu, Begini yang Dilakukan Unit Lantas Polsek Cisaat

Selain anggota Polres Banjar, turut hadir dalam kegiatan ini Kabag Ops Kompol Saeful Bahri, Kabag Logistik Kompol Cucu Juhana, Kabag Perencanaan Kompol Muslim, Kasat Intel AKP Nano, Kasat Narkoba AKP Kusyata, dan Kasat Binmas Iptu Atang Efendi.

Penulis: Ucup