Scroll to Continue
Berita

Warga Pangandaran, Tasikmalaya dan Sukabumi Rasakan Guncangan Gempa Garut

443
×

Warga Pangandaran, Tasikmalaya dan Sukabumi Rasakan Guncangan Gempa Garut

Sebarkan artikel ini

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis 19 Oktober 2023 sekitar pukul 21.08 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun gempa sendiri mencapai kedalaman 18 Km, sedangkan lokasi gempa bumi ini berada di 8.10 Lintang Selatan dan 107,32 Bujur Timur atau 114 Km barat daya Kabupaten Garut-Jabar.

Belum diketahui dampak yang disebabkan dari gempa tersebut. Namun gempa yang sempat membuat panik warga itu tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa Garut dirasakan hingga wilayah Kabupaten Pangandaran, Tasikmalaya dan Kabupaten/Kota Sukabumi, Jawa Barat.

“Saya sedang nelpon, tiba-tiba merasakan ada getaran yang cukup besar dan lama. Takut rumah amburk saya pun memiliih lari keluar rumah,” kata salah seorang warga Kabupaten Pangandaran, Syamsul kepada jurnalmedia.id, Kamis 19 Oktober 2023 malam.

BACA JUGA :   HMI Ciamis Gelar Latihan Kader Nasional, Bupati Herdiat Beri Apresiasi

Hal serupa dirasakan Ai Ulfah warga Kabupaten Tasikmalaya yang sempat panik dan lari keluar rumah menhindari bahaya ambruknya rumah.

“Lagi tiduran dikamar, lantaran gempanya sangat kencang saya pun langsung bangun dan keluar rumah. Pas di luar ternyata banyak juga tetangga yang pada keluar rumah lantaran panik,” ungkapnya melalui pesan singkat WhatsApp.

Begitu juga pengakuan warga Kabupaten Sukabumi, Wahidin mengaku gempa Garut berkekuatan Magnitudo 5,6 juga dirasakan oleh warga Sukabumi.

“Getarannya sampai juga di Sukabumi pak, guncanganya cukup lama dan juga besar, mudah-mudahan tidak ada korban jiwa atau dampak kerusakan yang berat,” singkatnya. (**)