Kesehatan

Withings Luncurkan U-Scan: Inovasi Teknologi Kesehatan untuk Pemantauan Urine

81
×

Withings Luncurkan U-Scan: Inovasi Teknologi Kesehatan untuk Pemantauan Urine

Sebarkan artikel ini

JURNALMEDIA.ID – Withings telah dikenal sebagai produsen timbangan pintar dan pelacak aktivitas yang ultra-stylish. Kini, perusahaan teknologi kesehatan asal Prancis ini memasuki dunia analisis medis dengan menciptakan perangkat untuk memindai urine. Awalnya ditujukan untuk mendukung uji klinis terdesentralisasi, perusahaan berharap dapat menawarkannya sebagai perangkat kesehatan konsumen di masa depan. Perkenalkan U-Scan.

Inovasi U-Scan dalam Pemantauan Urine

U-Scan adalah perangkat berbentuk kerikil yang menggantung dari tab plastik di sisi mangkuk toilet Anda, mirip dengan blok pengharum. Perangkat keras ini berdiameter 90mm dan dirancang untuk ditempatkan pada porselen di mana sebagian besar aliran urine mendarat. Ada saluran pengumpul di titik terendah, dan sensor akan mendeteksi keberadaan urine dan memicu pompa yang menarik sejumlah kecil ke dalam tubuhnya. Dari situ, sampel dipompa ke sistem mikrofluidik yang memicu reaksi kimia.

Kerjasama dengan Pusat Medis untuk Deteksi Penyakit

Di bawah U-Scan terdapat sebuah kartrid yang mengandung tes spesifik yang Anda cari. Sejauh ini, perusahaan telah bekerja sama dengan dua pusat medis di Eropa untuk mengeksplorasi cara mendeteksi lithiasis ginjal dan kanker kandung kemih. Diharapkan sistem ini akan digunakan untuk skrining massal penanda kanker dan mendukung studi medis.

BACA JUGA :  Peringati HKN Ke-58, Ribuan Insan dan Kader Kesehatan di Banjar Ikuti Jalan Sehat

Fitur U-Scan untuk Konsumen

Untuk unit konsumen, perusahaan telah mengembangkan U-Scan Cycle Sync yang dirancang untuk pelacakan siklus menstruasi. Ide ini adalah untuk memberikan pengujian teratur yang terperinci guna memungkinkan pelacakan siklus yang lebih mendetail tanpa perlu aplikasi kalender. Selain memprediksi siklus menstruasi Anda, sistem ini juga akan memprediksi jendela ovulasi, tingkat hidrasi, dan kadar nutrisi Anda.