Scroll to Continue
Berita

AHY, Putra SBY yang Kini Jadi Menteri ATR/BPN di Era Jokowi

35
×

AHY, Putra SBY yang Kini Jadi Menteri ATR/BPN di Era Jokowi

Sebarkan artikel ini
AHY, Putra SBY yang Kini Jadi Menteri ATR/BPN di Era Jokowi

JURNALMEDIA.ID Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah sosok yang tidak asing di dunia politik Indonesia. Putra sulung dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini kini resmi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Pelantikan AHY sebagai menteri ATR/BPN berlangsung pada 21 Februari 2024 di Istana Negara, Jakarta. AHY menggantikan Sofyan Djalil yang dimutasi menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. AHY merupakan salah satu dari lima menteri baru yang dilantik oleh Jokowi dalam rangka reshuffle kabinet.

 

AHY adalah lulusan terbaik Akademi Militer tahun 2000 dan pernah bertugas sebagai Komandan Batalyon Infanteri 203/Arya Kemuning di Aceh. AHY juga memiliki pendidikan sipil, antara lain gelar Master of Public Administration dari Harvard University dan Master of Business Administration dari Nanyang Technological University.

BACA JUGA :   TNI di Ciamis Bikin Sumur Bor Sedalam 50 Meter di Desa Kadupandak¬†

 

Karier politik AHY dimulai ketika ia menjadi Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat pada Pemilu 2019. AHY juga sempat maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada 2017, namun kalah dari pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

 

Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, AHY berhasil mempertahankan partainya sebagai salah satu partai pendukung pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin. AHY juga dikenal sebagai sosok yang moderat, visioner, dan berjiwa pemimpin.

 

Tantangan yang dihadapi AHY sebagai menteri ATR/BPN tidaklah ringan. Ia harus menyelesaikan berbagai persoalan agraria dan tata ruang yang selama ini menjadi sumber konflik dan ketimpangan di masyarakat. Ia juga harus mewujudkan visi Jokowi untuk membangun infrastruktur yang merata dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

BACA JUGA :   Kebakaran Lahan Dekat Pemukiman Warga Berhasil Dipadamkan Damkar Kota Banjar Dengan Cepat

 

Apakah AHY mampu menjalankan tugasnya sebagai menteri ATR/BPN dengan baik? Bagaimana hubungannya dengan Jokowi sebagai presiden? Dan bagaimana prospek politik AHY di masa depan? Simak terus artikel-artikel menarik dari kami untuk mengetahui jawabannya.