Scroll to Continue
Berita

AKBP Danny Yulianto Pimpin Upacara PTDH Personel Polres Banjar

157
×

AKBP Danny Yulianto Pimpin Upacara PTDH Personel Polres Banjar

Sebarkan artikel ini
Kapolres Banjar menanggalkan pakaian dinas Polri yang dikenakan Briptu AR dan digantikan dengan pakaian Batik. Foto: Istimewa/JM

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Kapolres Banjar AKBP Danny Yulianto pimpin upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) Personel Polres Banjar yang berlangsung di Halaman Mapolres, Polda Jabar, pada Senin 18 Maret 2024.

Berdasarkan putusan Kapolda Jabar tertanggal 24 November 2023, Briptu AR terakhir berdinas di Bagian SDM Polres Banjar, mendapat putusan rekomendasi PTDH dari Dinas Polri.

Ia tersangkut kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba dan telah menjalani vonis Pengadilan Negeri Kota Banjar.

Dalam amanatnya, Kapolres Banjar, AKBP Danny Yulianto menyampaikan upacara PTDH ini merupakan yang pertama di Polres Banjar. Setelah dilakukan tahapan-tahapan proses mulai dari pembinaan hingga sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri memutuskan menjatuhkan hukuman PTDH kepada yang bersangkutan.

BACA JUGA :   Ratusan Kader Demokrat Jalan Kaki Ke KPU,  AHY: Kami Siap Ikut Pemilu, Perjuangkan Perubahan dan Perbaikan

“Hal ini tentunya sangat disayangkan, setelah melalui berbagai proses hukum, terbukti yang bersangkutan telah melakukan beberapa pelanggaran hingga melakukan tindak pidana. Proses panjang pun dilewati mulai dari pembinaan hingga proses hukum secara internal,” ujarnya kepada wartawan di Mapolres Banjar, Senin 18 Maret 2024.

Kata Danny, pelaksanaan upacara PTDH tersebut merupakan salah satu wujud dan bentuk realisasi komitmen Pimpinan Polri dalam memberikan sanksi hukuman bagi personel yang melakukan pelanggaran kode etik Kepolisan Negara Republik Indonesia.

“Hal ini hendaknya dapat dijadikan bahan introsfeksi dan evaluasi bagi seluruh personel Polres Banjar dan kemuliaan yang diraih tidak dengan mudah, sehingga diharapkan setiap anggota menyadari untuk tidak melakukan tindakan indispliner, tindak pidana, maupun melanggar kode etik Polri,” harapnya.

BACA JUGA :   DPC PDI Perjuangan Serahkan Dokumen Perbaikan Bacaleg ke KPU Kota Banjar

Dalam upacara tersebut, secara simbolis Kapolres Banjar menanggalkan pakaian dinas Polri yang dikenakan oleh yang bersangkutan dan digantikan dengan pakaian Batik.

Menurut Danny bahwa profesi Kepolisian masih menjadi salah satu yang favorit, begitu besar antusias masyarakat untuk menjadi anggota Polri.

Di tempat yang sama, AR menyampaikan permohonan maaf selama berdinas di Polres Banjar. Dan Terima kasih kepada Polri yang telah memberikan kesempatan untuk dirinya menjadi anggota Polri.

“Saya berharap apa yang terjadi pada diri saya, menjadi pelajaran untuk rekan-rekan semuanya, supaya lebih baik dalam berdinas agar tidak mengecewakan Instusi dan keluarga,” singkapnya. (Ucup)