Scroll to Continue
Berita

Berantas Rokok Ilegal, Pemkab Majalengka Gencar Sosialisasi dan Tingkatkan Penanganan

208
×

Berantas Rokok Ilegal, Pemkab Majalengka Gencar Sosialisasi dan Tingkatkan Penanganan

Sebarkan artikel ini

MAJALENGKA, JURNALMEDIA.ID  – Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka), Jawa Barat, semakin intensif dalam melakukan upaya penanganan rokok ilegal.

Untuk memeranginya, Pemkab Majalengka telah melakukan berbagai langkah, terutama dalam hal sosialisasi di wilayah yang dianggap sebagai pintu masuk utama bagi rokok tak bercukai tersebut.

Scrool to Continue
Scrool to Continue

Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi, mengungkapkan bahwa pihaknya telah secara aktif melakukan sosialisasi di berbagai lokasi, termasuk di antaranya daerah Malausma.

“Hasil informasi yang diterima dari Bea Cukai menunjukkan bahwa rokok ilegal tanpa cukai ini berasal dari daerah Jawa,” kata Bupati Karna Sobahi, Jumat 10 November 2023.

Namun, tantangan yang dihadapi oleh Pemkab Majalengka tidak hanya terbatas pada masuknya pasokan barang ilegal. Pihaknya juga harus menghadapi kasus produksi rokok ilegal yang terjadi di wilayah itu sendiri.

BACA JUGA :   Pemkab Bogor Ajak ASN yang Masuk BUP Agar Tetap Produktif Dimasa Purnabakti

Bupati Karna Sobahi bahkan menyoroti bahwa di Kecamatan Cikijing, ditemukan orang-orang yang terlibat langsung dalam produksi rokok ilegal ini dengan menyewa rumah sebagai tempat produksi.

“Hal ini menunjukkan bahwa peredaran rokok ilegal bukan hanya masalah pasokan barang dari luar, tetapi juga produksi lokal yang jelas merugikan, dilakukan oleh orang luar yang menetap di Majalengka,” ungkapnya.

Untuk mengatasi masalah ini, kata dia, Satpol PP secara rutin mengadakan razia di berbagai wilayah. Selain itu, pemerintah setempat menjalin kerjasama erat dengan para kepala desa untuk mengantisipasi peredaran rokok ilegal hingga ke warung-warung terpencil.

“Maka dari itu, kita bekerja sama dengan para kepala desa untuk menyosialisasikan perihal ini sekaligus mengawasi peredaran tokok ilegal di warung-warung pelosok,” jelasnya.

BACA JUGA :   Herdiat Sunarya Sambut Kunker Kapolda Jabar di Kabupaten Ciamis

Bupati mengutarakan, bahwa upaya ini memiliki tujuan ganda, yakni melindungi masyarakat dari dampak negatif rokok ilegal dan menjaga perekonomian yang sehat di Kabupaten Majalengka.

Pemkab Majalengka optimis bahwa upaya sosialisasi dan tindakan yang diambil akan membantu mengurangi peredaran rokok ilegal di wilayah mereka.

Sehingga, keberhasilan dalam upaya ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan juga akan mempromosikan kepatuhan terhadap aturan perpajakan yang berlaku.

“Semoga dengan kerja keras dan kerjasama yang terus menerus, masalah rokok ilegal di wilayah Kabupaten Majalengka dapat teratasi,” tandasnya. (*)