Scroll to Continue
Teknologi

Intip Spesifikasi Xiaomi 14: Smartphone dengan Fitur Mirip Samsung Galaxy S24, Tapi Harga Lebih Murah!

120
×

Intip Spesifikasi Xiaomi 14: Smartphone dengan Fitur Mirip Samsung Galaxy S24, Tapi Harga Lebih Murah!

Sebarkan artikel ini
Intip Spesifikasi Xiaomi 14: Smartphone dengan Fitur Mirip Samsung Galaxy S24, Tapi Harga Lebih Murah!

JURNALMEDIA.IDXiaomi 14 adalah smartphone terbaru dari Xiaomi, perusahaan asal China yang terkenal dengan produk-produk berkualitas dan terjangkau. Xiaomi 14 diluncurkan pada 25 Februari 2024, dan langsung menarik perhatian banyak orang karena memiliki fitur yang mirip dengan Samsung Galaxy S24, salah satu smartphone flagship dari Samsung. Namun, Xiaomi 14 memiliki keunggulan tersendiri, yaitu harganya yang lebih murah dari Samsung Galaxy S24. Bagaimana bisa? Apa saja fitur-fitur unggulan dari Xiaomi 14? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Layar AMOLED 6,67 Inci dengan Refresh Rate 120 Hz

Salah satu fitur yang membuat Xiaomi 14 mirip dengan Samsung Galaxy S24 adalah layarnya. Xiaomi 14 memiliki layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi 2400 x 1080 piksel, yang sama dengan Samsung Galaxy S24. Layar AMOLED adalah jenis layar yang memiliki kualitas warna dan kontras yang sangat baik, serta hemat daya. Layar Xiaomi 14 juga memiliki refresh rate 120 Hz, yang artinya layar dapat memperbarui gambar sebanyak 120 kali dalam satu detik. Refresh rate yang tinggi ini membuat layar Xiaomi 14 terlihat lebih halus dan responsif, terutama saat bermain game atau menonton video. Refresh rate 120 Hz juga merupakan fitur yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S24, yang membuat kedua smartphone ini memiliki pengalaman visual yang serupa.

Kamera Belakang 108 MP

Fitur lain yang membuat Xiaomi 14 mirip dengan Samsung Galaxy S24 adalah kamera belakangnya. Xiaomi 14 memiliki kamera belakang 108 MP, yang sama dengan Samsung Galaxy S24. Kamera 108 MP ini mampu menghasilkan foto dengan detail yang sangat tinggi, bahkan saat di-zoom. Kamera Xiaomi 14 juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti optical image stabilization (OIS), phase detection autofocus (PDAF), dan artificial intelligence (AI). OIS adalah fitur yang membantu mengurangi getaran saat mengambil foto, sehingga foto tidak blur. PDAF adalah fitur yang membantu mengunci fokus pada objek yang diinginkan, sehingga foto tidak kabur. AI adalah fitur yang membantu mengoptimalkan pengaturan kamera sesuai dengan kondisi cahaya, warna, dan objek, sehingga foto terlihat lebih natural dan indah.

BACA JUGA :   Cara Agar WhatsApp Terlihat Offline Berhari-hari Padahal Online

Selain kamera utama 108 MP, Xiaomi 14 juga memiliki tiga kamera lain, yaitu kamera ultra-wide 13 MP, kamera telefoto 8 MP, dan kamera makro 5 MP. Kamera ultra-wide 13 MP dapat mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih lebar, sehingga dapat menangkap lebih banyak pemandangan. Kamera telefoto 8 MP dapat mengambil foto dengan zoom optik 3x, sehingga dapat mendekatkan objek yang jauh tanpa mengurangi kualitas foto. Kamera makro 5 MP dapat mengambil foto dengan jarak yang sangat dekat, sehingga dapat menangkap detail yang sangat kecil. Kombinasi dari empat kamera ini membuat Xiaomi 14 memiliki kemampuan fotografi yang sangat baik, yang dapat bersaing dengan Samsung Galaxy S24.

Baterai 5.000 mAh dengan Pengisian Cepat 67 W

Fitur selanjutnya yang membuat Xiaomi 14 mirip dengan Samsung Galaxy S24 adalah baterainya. Xiaomi 14 memiliki baterai 5.000 mAh, yang sama dengan Samsung Galaxy S24. Baterai 5.000 mAh ini dapat membuat Xiaomi 14 bertahan lama, bahkan saat digunakan untuk aktivitas yang berat, seperti bermain game atau streaming video. Baterai Xiaomi 14 juga memiliki fitur pengisian cepat 67 W, yang dapat mengisi daya baterai dari 0% hingga 100% dalam waktu kurang dari satu jam. Pengisian cepat 67 W ini merupakan fitur yang lebih baik dari Samsung Galaxy S24, yang hanya memiliki pengisian cepat 45 W. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya saat menggunakan Xiaomi 14.

BACA JUGA :   Peran Teknologi Pengolahan Pangan dalam Bentuk Meningkatkan Kualitas Konsumsi Makanan

Prosesor Snapdragon 888 Plus, RAM 8 GB, dan Memori Internal 128 GB

Fitur berikutnya yang membuat Xiaomi 14 unggul dari Samsung Galaxy S24 adalah performanya. Xiaomi 14 memiliki prosesor Snapdragon 888 Plus, RAM 8 GB, dan memori internal 128 GB. Prosesor Snapdragon 888 Plus adalah prosesor terbaru dan tercepat dari Qualcomm, yang memiliki kecepatan hingga 3 GHz. Prosesor ini dapat menjalankan aplikasi dan game dengan lancar, tanpa lag atau hambatan. RAM 8 GB adalah kapasitas memori yang cukup besar, yang dapat membuat Xiaomi 14 multitasking dengan mudah, tanpa mengalami penurunan kinerja. Memori internal 128 GB adalah ruang penyimpanan yang cukup luas, yang dapat menampung banyak file, foto, video, dan aplikasi, tanpa perlu kartu memori tambahan.

BACA JUGA :   Peta Baru Indonesia dengan Teknologi Geospasial Siap Gantikan Google Maps: Menavigasi Masa Depan

Sementara itu, Samsung Galaxy S24 memiliki prosesor Exynos 2100, RAM 8 GB, dan memori internal 128 GB. Prosesor Exynos 2100 adalah prosesor buatan Samsung sendiri, yang memiliki kecepatan hingga 2,9 GHz. Prosesor ini juga dapat menjalankan aplikasi dan game dengan baik, tetapi tidak sebaik Snapdragon 888 Plus. RAM 8 GB dan memori internal 128 GB adalah kapasitas yang sama dengan Xiaomi 14, tetapi Samsung Galaxy S24 memiliki slot kartu memori tambahan, yang dapat menambah ruang penyimpanan hingga 1 TB. Dengan demikian, Samsung Galaxy S24 memiliki kelebihan dalam hal kapasitas penyimpanan, tetapi Xiaomi 14 memiliki kelebihan dalam hal kecepatan prosesor.

Sistem Operasi MIUI 13 Berbasis Android 12

Fitur terakhir yang membuat Xiaomi 14 berbeda dari Samsung Galaxy S24 adalah sistem operasinya. Xiaomi 14 menggunakan sistem operasi MIUI 13, yang merupakan antarmuka khusus dari Xiaomi yang berbasis pada Android 12. MIUI 13 adalah sistem operasi yang memiliki tampilan yang elegan, simpel, dan modern, serta fitur-fitur yang menarik, seperti dark mode, always-on display, gesture navigation, dan lain-lain. MIUI 13 juga memiliki fitur keamanan yang baik, seperti face unlock, fingerprint scanner, dan app lock. MIUI 13 juga memiliki fitur kustomisasi yang banyak, seperti tema, font, wallpaper, dan icon. MIUI 13 adalah sistem operasi yang cocok untuk Anda yang suka mengubah tampilan smartphone Anda sesuai dengan selera Anda.