Scroll to Continue
Berita

Kemenag Bersama Ratusan Warga Kota Banjar Gelar Aksi Solidaritas Dukung Palestina

216
×

Kemenag Bersama Ratusan Warga Kota Banjar Gelar Aksi Solidaritas Dukung Palestina

Sebarkan artikel ini
Kemenag Bersama Ratusan Warga Kota Banjar Gelar Aksi Solidaritas Dukung Palestina

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Dalam upaya mendukung dan mengekspresikan solidaritas terhadap masyarakat Palestina, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjar menggelar aksi

Solidaritas dan Doa Bersama di alun-alun Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023). Aksi solidaritas ini dihadiri oleh ratusan warga Kota Banjar yang dengan penuh semangat berkumpul untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap perdamaian di Palestina.

Alun-alun kota menjadi saksi kekompakan warga Kota Banjar yang memenuhi ruang terbuka tersebut. Mereka membawa spanduk, poster, dan bendera Palestina, menciptakan suasana yang penuh semangat dan haru. Peserta aksi terdiri dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pejabat Pemkot Banjar, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas Islam, pelajar hingga kalangan masyarakat lainnya yang bersatu demi satu tujuan yakni mendorong kemerdekaan dan perdamaian di Palestina.

BACA JUGA :   Dudy Pamuji Caleg Partai Golkar Dapil XIII Sambangi Warga Kota Banjar, Ini yang Dibahas

Kepala Kemenag Kota Banjar, Hj. Riana Anom Sari mengatakan, aksi solidaritas ini merupakan panggilan kemanusiaan. Ia berharap bahwa langkah-langkah konkrit dapat diambil untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina dan mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

“Aksi solidaritas ini bukan hanya sekadar unjuk rasa, melainkan juga bentuk partisipasi aktif masyarakat khususnya warga Kota Banjar. Kita lihat ratusan pelajar, ormas Islam, serta sejumlah kalangan berbaur turut serta dalam kegiatan ini. Ini menunjukkan bahwa kepedulian terhadap masalah kemanusiaan dapat bersatu,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda Islam Kota Banjar, Milqi “Doang” mengatakan, meski jarak geografis memisahkan Kota Banjar dan Palestina, namun semangat kebangsaan tetap bersatu. Bendera merah putih berkibar di antara bendera Palestina, menciptakan gambaran kebersamaan dan persatuan dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia.

BACA JUGA :   Razia Petasan, Satuan Samapta Polres Ciamis Patroli ke Kawasan Pasar Manis Ciamis

“Aksi solidaritas ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju solusi yang adil dan berkelanjutan. Masyarakat Kota Banjar berkomitmen untuk terus mendukung upaya perdamaian dan kemanusiaan di Palestina,” katanya.

Sebagai bagian dari aksi solidaritas ini, peserta mengakhiri kegiatan dengan menyuarakan panggilan global untuk perdamaian dan kemerdekaan Palestina. Harapan besar tersemat bahwa dunia internasional dapat bersatu dalam menjalankan peranannya untuk menciptakan perdamaian yang selama ini dinantikan oleh rakyat Palestina dan dunia pada umumnya.

Kegiatan ini juga diisi oleh pembacaan puisi oleh KH. Undang Munawar. Puisi berjudul “Palestina” yang merupakan karyanya sendiri itu, dibacakan dengan penuh pengkhayatan yang sangat dalam, sehingga tak sedikit peserta aksi yang meneteskan air mata.

BACA JUGA :   Jelang Pilkada 2024, DPD Golkar Kota Banjar Kunjungi DPC PKB Kota Banjar

Selain itu, dalam aksi ini juga ada penggalangan dana untuk Palestina. Hasil dari donasi tersebut terkumpul sebanyak Rp 7.806.000. Nantinya dana yang terkumpul akan disalurkan melalui organisasi Bulan Sabit Merah Indonesia (BSM) dan Komunitas Nasional Peduli Palestina (KNPP).