Scroll to Continue
Berita

Mengurangi Pengangguran, Pemkot Banjar Gandeng 27 Perusahaan Gelar Job Fair 2023

273
×

Mengurangi Pengangguran, Pemkot Banjar Gandeng 27 Perusahaan Gelar Job Fair 2023

Sebarkan artikel ini
Ribuan warga Kota Banjar yang ikut mencari kerja pada Job Fair 2023, Foto:Ucup Lesmana/JM

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Tenaga Kerja menggelar Pameran Kesempatan Kerja atau Job Fair 2023. Acara berlangsung selama satu hari dan diselenggarakan di Banjar Convention Hall (BCH) Jalan Gerilya Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu 26 Juli 2023.

Pameran ini merupakan kesempatan emas bagi warga Kota Banjar dan sekitarnya yang tengah mencari pekerjaan. Pasalnya, Job Fair kali ini berkolaborasi dengan 27 perusahaan yang berkomitmen menyediakan sebanyak 5.411 lowongan kerja untuk warga Kota Banjar dan sekitarnya.

Scrool to Continue
Scrool to Continue

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Ninding Kosmana, menyatakan bahwa tujuan utama dari Job Fair ini adalah untuk mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja. Dari 27 perusahaan yang berpartisipasi, 10 di antaranya berasal dari Kota Banjar, sementara 17 perusahaan lainnya datang dari luar Kota Banjar.

BACA JUGA :   Bubos8: Menghangatkan Ramadhan dengan Aksi Sosial Jabar Bergerak

“Jumlah lowongan kerja yang disediakan sangat menjanjikan, namun kemungkinan berhasilnya para pencari kerja juga tergantung pada kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing individu,” ujarnya.

Menurut Ninding, angka pengangguran di Kota Banjar mengalami peningkatan setiap tahunnya. Salah satu faktor yang berkontribusi pada peningkatan tersebut adalah kelulusan anak-anak sekolah yang kemudian mencari pekerjaan.

“Berdasarkan data BPS tahun 2022, jumlah pengangguran di Kota Banjar mencapai sekitar 5.243 orang. Oleh karena itu, Job Fair ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengurangi angka pengangguran di kota tersebut,” kara Ninding.

Job Fair ini mendapat respon positif dari para pencari kerja yang berharap mendapatkan pekerjaan melalui ajang ini. Nazwa salah seorang pencari kerja asal Kota Banjar yang baru saja lulus dari SMK, menyatakan bahwa ia mengetahui tentang Job Fair ini melalui media sosial Instagram Disnaker. Ia langsung mengirimkan lamaran kerja untuk posisi Crew Store.

BACA JUGA :   Revitalisasi Banjar Water Park, Pj Walkot : Langkah Menuju Destinasi Wisata Berkualitas

“Ini adalah kesempatan besar bagi pencari kerja seperti saya, dan saya berharap lebih mudah mendapatkan pekerjaan melalui Job Fair ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Yuni Damayanti, yang telah dua kali mengikuti Job Fair sebelumnya, kini kembali berharap untuk berhasil dan bekerja sesuai dengan keinginannya. Dia berharap kali ini ia dapat diterima untuk posisi digital marketing di KS Klinik Kecantikan di Banjar.

“Semoga kali ini saya bisa berhasil, dan bisa bekerja sesuai dengan harapan saya di bagian digital marketing di KS Klinik Kecantikan di Banjar,” harapnya.

Penulis: Ucup Lesmana