Berita

Penanaman Pohon Serentak di Banjar dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78

105
×

Penanaman Pohon Serentak di Banjar dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78

Sebarkan artikel ini

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Kapolres Banjar AKBP Danny Yulianto bersama Dinas Lingkungan Hidup serta instansi terkait menggelar kegiatan penanaman pohon serentak di Dusun Karangsari RT 11 RW 03 Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Acara ini berlangsung pada tanggal 27 Juni 2024.

Kegiatan ini juga disertai dengan pemberian bantuan sosial berupa air bersih kepada warga sekitar. Penanaman pohon ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Bhayangkara ke-78 yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan mengatasi masalah kekeringan.

Beberapa jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan ini antara lain pohon jati, durian, pete, jambu air, dan berbagai jenis pohon keras lainnya. Penanaman pohon di sekitar sumur bor diharapkan dapat memberikan kesejukan dan membantu mencadangkan air saat musim kemarau tiba. Dengan demikian, stok air bersih untuk sumur bor tersebut dapat terjaga dengan baik.

BACA JUGA :  Begini Cara Untuk Menghindari Penipuan Saham Saat Berinvestasi

Kapolres Banjar, AKBP Danny Yulianto menyatakan bahwa penanaman pohon ini dilakukan bersama perwakilan dari berbagai stakeholder terkait dan akan dilanjutkan oleh masyarakat sekitar.

“Jika kita bicara mengenai air bersih, salah satu faktor penting yang berkontribusi dalam penyediaan air adalah keberadaan pohon dan tanaman,” ujarnya.

Selain menanam pohon, kegiatan ini juga melibatkan masyarakat sekitar untuk turut serta dalam menjaga dan merawat tanaman yang telah ditanam. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab dalam pelestarian lingkungan.

Penanaman pohon tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek berupa kesejukan dan cadangan air, tetapi juga memiliki dampak jangka panjang terhadap keseimbangan ekosistem. Pohon-pohon yang ditanam akan berfungsi sebagai penyaring alami udara, mencegah erosi tanah, serta menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna.

BACA JUGA :  Dilanda Gempa M 5,6 SR. Bupati Cianjur : Di Kecamatan Cugenang Yang Paling Parah

Melalui kegiatan penanaman pohon serentak ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan berkontribusi aktif dalam upaya pelestarian alam. Dengan kolaborasi antara berbagai pihak, diharapkan kelestarian lingkungan dapat terjaga untuk generasi mendatang.

Dengan demikian, penanaman pohon ini bukan hanya sekadar kegiatan seremonial, tetapi juga langkah nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menyediakan sumber air bersih bagi masyarakat. Mari kita bersama-sama menjaga dan merawat bumi kita demi masa depan yang lebih baik. (Ucup)