Scroll to Continue
Berita

Peringati HUT Kodam III Siliwangi, Kodim 0613 Ciamis Gelar Turnamen Sepak Bola U-17 Antar Kecamatan

69
×

Peringati HUT Kodam III Siliwangi, Kodim 0613 Ciamis Gelar Turnamen Sepak Bola U-17 Antar Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Peringati HUT Kodam III Siliwangi, Kodim 0613 Ciamis Gelar Turnamen Sepak Bola U-17 Antar Kecamatan

CIAMIS, JURNALMEDIA.ID –  Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III Siliwangi, Kodim 0613 Ciamis menggelar turnamen sepak bola under 17 (U-17) antar kecamatan. Turnamen ini berlangsung dari tanggal 22 Mei 2024 hingga 15 Agustus 2024, di Lapangan Sepak Bola Eks Zipur 3, Panyingkiran, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Saya prakarsai turnamen bola Dandim Cup (ini) dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi ke-78. Kami mengambil turnamen bola sebagai wujud kecintaan TNI kepada generasi generasi muda bola di Indonesia yang nantinya menjadi bibit yang lebih baik di masa depan,” ujar Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, disela pertandingan pembuka antara Panumbangan Kabupaten Ciamis melawan Pataruman Kota Banjar, Rabu (22/05/2024).

BACA JUGA :   Bupati Ciamis Sampaikan Pentingnya Membangun Keshalehan Sosial dan Individual

Kecintaan terhadap sepak bola, kata Letkol Inf Afiid Cahyono, tidak sebatas dengan mengadakan turnamen Dandim Cup U-17 saja, melaikan secara berkelanjutan dilakukan pencarian bibit disetiap kecamatan. Dimana peran TNI terutama para Babinsa dilibatkan dalam memantau dan menggali bibit muda berbakat di olah raga “si kulit bundar”.

“Kami memonitor tiap kecamatan di seluruh wilayah Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis, untuk memantau generasi mulai dari Under 12, Under 17, Under 19 dan Under 23. Ini secara bertingkat dan berkelanjutan,” kata Letkol Inf Afiid Cahyono.

“Karena kita tidak punya sekolah khusus sepak bola tapi koordinasi dengan Asosiasi Sepak Bola (Askot Banjar dan Askab Ciamis) namun pembinaan ini di kecamatan kita dorong supaya menumbuhkan generasi baru sepak bola muda di Indonesia,” kata Letkol Inf Afiid Cahyono menambahkan.

BACA JUGA :   Letkol. Inf. Indra Mardianto Subroto Jabat Komandan Kodim 0625 Pangandaran

Dandim berharap sepak bola ini dapat menjadi jembatan menumbuhkan kecintaan rakyat Indonesia terhadap bangsa dan negara. “Paling utama adalah menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Sportivitas dalam olah raga sehingga masyarakat terlatih dan terbina untuk melaksanakan setiap pertandingan baik menang atau kalah tetap secara sportiv,” kata Letkol Inf Afiid Cahyono.

Turnamen ini dibuka secara langsung oleh Dandim 0613 Ciamis dan dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. Tampak hadir Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Andang Firman, Wakapolres Banjar Polda Jabar Kompol Dani Prasetya, dan Sekretais Daerah Kota Banjar Dr. H. Soni Harison, membuka acara dan menyaksikan pertandingan perdana antara Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis dengan Pataruman Kota Banjar. (Ucup)