Scroll to Continue
Ragam

Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024: Jadwal, Niat, dan Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Syaban

60
×

Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024: Jadwal, Niat, dan Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Syaban

Sebarkan artikel ini
Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024: Jadwal, Niat, dan Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Syaban

JURNALMEDIA.ID – Puasa Ayyamul Bidh adalah salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Puasa ini dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya, sesuai dengan kalender Hijriah. Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 bertepatan dengan bulan Syaban, yang merupakan bulan terbaik untuk berpuasa, sebagaimana hadits Rasulullah SAW. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jadwal, niat, dan keutamaan puasa Ayyamul Bidh Februari 2024. Selain itu, kita juga akan memberikan tips dan saran untuk menjalankan puasa ini dengan baik dan benar.

Apa itu Puasa Ayyamul Bidh?

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya, berdasarkan sabda Rasulullah SAW. Nama Ayyamul Bidh berasal dari bahasa Arab yang berarti hari-hari putih. Hal ini karena pada tanggal-tanggal tersebut, bulan purnama akan tampak bersinar terang di langit .

Puasa Ayyamul Bidh termasuk puasa sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa tiga hari setiap bulan, maka itu seperti berpuasa selamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Puasa tiga hari setiap bulan itu seperti puasa Daud. Dan puasa Daud itu adalah puasa yang paling baik.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Barangsiapa yang berpuasa Ayyamul Bidh, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya sebanyak busa di lautan.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Puasa Ayyamul Bidh juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan ketaqwaan. Dengan berpuasa, kita akan merasakan lapar dan haus, yang akan mengingatkan kita akan nikmat dan karunia Allah SWT. Selain itu, dengan berpuasa, kita juga akan menahan hawa nafsu dan menjaga lisan dari perkataan yang tidak baik. Puasa Ayyamul Bidh juga dapat membantu kita untuk membersihkan jiwa dan tubuh dari kotoran dan penyakit .

BACA JUGA :   Tradisi Perayaan Paskah Yang Identik Dengan Telur Paskah, Inilah Simbol, Asal Usul dan Maknanya

Kapan Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024?

Jadwal puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 adalah Jumat, 23 Februari 2024 (13 Syaban), Sabtu, 24 Februari 2024 (14 Syaban), dan Minggu, 25 Februari 2024 (15 Syaban) . Jadwal ini berdasarkan kalender Hijriah, yang berbeda dengan kalender Masehi. Untuk mengetahui jadwal puasa Ayyamul Bidh setiap bulannya, kita dapat mengikuti perhitungan hisab atau rukyatul hilal, yang dilakukan oleh lembaga-lembaga keagamaan yang berwenang .

Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 bertepatan dengan bulan Syaban, yang merupakan bulan terbaik untuk berpuasa, sebagaimana hadits Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda:

“Syaban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan Allah.” (HR. Ahmad)

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa lebih banyak di bulan lain selain Ramadhan, dan tidak pernah melihat beliau berpuasa lebih banyak di bulan Syaban.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bulan Syaban adalah bulan yang berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan ini adalah bulan persiapan dan peningkatan amal sebelum menyambut bulan Ramadhan. Bulan ini juga adalah bulan pengampunan dan penerimaan doa. Rasulullah SAW bersabda:

“Pada bulan Syaban, Allah SWT akan mengampuni semua orang yang beriman.” (HR. Ibnu Majah)

“Pada bulan Syaban, Allah SWT akan memeriksa amal-amal hamba-Nya. Barangsiapa yang berpuasa di bulan Syaban, maka Allah SWT akan menerima doa-doa dan hajat-hajatnya.” (HR. Baihaqi)

Oleh karena itu, kita disarankan untuk memanfaatkan bulan Syaban dengan berpuasa, berdzikir, bersedekah, dan beribadah lainnya. Salah satu puasa sunnah yang dapat kita lakukan adalah puasa Ayyamul Bidh, yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat .

BACA JUGA :   Bacaan Doa Niat Sahur atau Niat Puasa Ramadan Lengakap Arab, Latin dan Artinya

Bagaimana Niat Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024?

Niat puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 adalah: نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى (Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta’ala). Niat ini diucapkan di dalam hati pada malam hari sebelum tidur, atau pada pagi hari sebelum terbit fajar. Niat ini sama untuk setiap tanggal puasa Ayyamul Bidh, yaitu 13, 14, dan 15 setiap bulannya.

Niat puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 harus dilakukan dengan ikhlas dan benar, tanpa ada unsur riya, sum’ah, atau pamer. Niat puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 juga harus disertai dengan niat untuk meningkatkan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Niat puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 juga harus diikuti dengan amalan-amalan lain yang dapat menunjang puasa, seperti shalat, dzikir, baca Al-Quran, bersedekah, dan lain-lain.