Scroll to Continue
Berita

Sea Rider “Rigid Bouyancy Boat 12 Meter“ Perkuat Pangkalan TNI AL Bandung

77
×

Sea Rider “Rigid Bouyancy Boat 12 Meter“ Perkuat Pangkalan TNI AL Bandung

Sebarkan artikel ini

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati meresmikan satu unit Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) berupa Kapal RBB (Rigid Bouyancy Boat) 12 Meter pemberian dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk menambah dan memperkuat unsur patroli di wilayah kerja Lanal Bandung khususnya di Posal Pangandaran, bertempat di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Selasa 20 Februari 2024.

Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati mengatakan, kapal RBB ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk menambah dan memperkuat unsur patroli di wilayah kerja Lanal Bandung khususnya di Posal Pangandaran.

Scrool to Continue
Scrool to Continue

“Hari ini kita resmikan kapal RBB, pengadaan dari Kementerian Pertahanan pada tahun 2023,” ujar Renny kepada wartawan di Pelabuhan Cikidang, Selasa 20 Februari 2024.

BACA JUGA :   Ratusan Relawan Prabowo-Gibran di Banjar Nobar Debat Melalui TV Mobling

Dengan diresmikannya kapal RBB ini, kata Renny, diharapkan dapat membantu tugas khususnya untuk pengamanan wilayah perairan di Pangandaran.

“Karena kita tahu beberapa kejadian-kejadian yang terjadi di laut seperti criminal at sea, ilegal fishing, ilegal logging dan peredaran narkoba. Sudah beberapa kali peredaran narkoba di Pangandaran yang di transfer lewat laut,” ungkapnya.

Maka dengan kapal RBB tersebut, lanjut Renny, bisa membantu tugas pemerintah daerah dan tugas Lanal Bandung untuk mengamankan daerah perairan di Pangandaran.

“Spesifikasi kapal RBB tersebut memiliki ukuran panjang 12 meter dan lebar 3,2 meter, kapasitas 12 orang personel, dengan kecepatan 40 knot yang dibantu oleh dua mesin pendorong bertenaga masing-masing 300 PK,” pungkasnya.

BACA JUGA :   Selama Ramadhan, Iwan Setiawan Instruksikan Jajarannya Bagikan Takjil Gratis

Hadir dalam peresmian kapal RBB TNI Kepala Kesbangpol Kab Pangandaran Kustiman, Kasat Pol PP Dedih Rahmat, Kapolsek Pangandaran Kompol Usep Sopiyan, Kasdim Kodim 0625 Mayor Inf. Muhamad Junaedi, Ketua PHRI Agus Mulyana, Koordinator Basarnas Erwin, Wakil Ketua HNSI M Yusuf, dan tamu undang lainnya. (Ntang)