Scroll to Continue
Berita

Tujuh Pelanggaran yang Jadi Sasaran Operasi Zebra Lodaya 2023 di Pangandaran

2330
×

Tujuh Pelanggaran yang Jadi Sasaran Operasi Zebra Lodaya 2023 di Pangandaran

Sebarkan artikel ini
Polres Pangandaran, Polda Jabar pun melaksanakan apel gelar pasukan Oprasi Zebra Lodaya 2023. Foto: Ist/JM

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Operasi Zebra Lodaya 2023 digelar secara serentak di seluruh jajaran Kepolisian se-Indonesia mulai dari tanggal 04 sampai 17 September 2023.

Untuk itu, Polres Pangandaran, Polda Jabar pun melaksanakan apel gelar pasukan Oprasi Zebra Lodaya 2023 dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas yang berlangsung di Alun-alun Parigi, tepat depan Mako Polres Pangandaran, Senin 04 September 2023.

Penyematan pita kepada personil masing-masing perwakilan dari TNI, Polres Pangandaran, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Pangandaran juga menandai dimulainya operasi Zebra dengan tema “Kamseltibcar Lantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024”.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wakapolres Pangandaran, AKBP Arisbaya, Pasiops kodim 0625/Pangandaran, Lettu Inf Dodi Supriadi, Danposal Pangandaran yang diwakili Peltu Agus, Asda 1 Pemkab Pangandaran Rida Nirwana, Kadishub Pangandaran Irwansyah, Kasatpol PP Dedih Rahmat serta lainnya.

BACA JUGA :   PT Pertamina Nyatakan Siap Perbaiki Kerusakan Akibat Dampak Pemasangan Pipa CB-III di Banjar

Amanat Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama yang di bacakan oleh Inspektur Upacara, bahwa apel gelar pasukan ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan sebelum pelaksanaan operasi zebra Lodaya 2023 di wilayah hukum polres Pangandaran.

“Sesuai amanat undang-undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan raya,” kata Inspektur Upacara. ‘

Kata dia, Polri, khususnya Polantas bersama Pemerintah yang didukung instansi terkait dan pemangku jabatan lainnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas serta menurunkan titik lokasi kemacetan.

“Tujuan apel gelar operasi ini adalah terciptanya Kamseltibcarlantas yang akan yang aman dan kondusif di era saat ini,” ujarnya.

BACA JUGA :   Bantuan Beras Dari Bapanas melalui Program P3KE di Kota Banjar

Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Zebra Lodaya 2023 yang di gelar serentak di wilkum Polres Pangandaran dengan tema “Kamsel tibcarlantas yang kondusif menuju pemilu damai 2024”.

“Operasi Zebra lodaya 2023 akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023,” sebutnya.

Adapun sasaran pada Operasi Zebra Lodaya 2023 diantaranya :

1. Pengendara Ranmor yang menggunakan
2. Pengendara Ranmor yang masih dibawa umur
3. Pengendara R2 (Motor) yang berboncengan lebih dari 1 orang
4. Pengendara R2 (Motor) yang tidak menggunakan Helm SNI
5. Pengendara R4 (Mobil) tidak menggunakan Safety Belt (Sabuk Pengaman)
6. Pengendara Ranmor dalam pengaruh Alkohol
7. Pengendara Ranmor yang melawan arus dan melebih batas kecepatan.

BACA JUGA :   Hadiri Kajian Rutin ASN, Wabup Ciamis : Jadikan Momentum Untuk Mengevaluasi Diri Menjadi Lebih Baik

Penulis: Deni Rudini