Scroll to Continue
Kuliner

Daun Anggur Dijadikan Makanan Keripik, Begini Kata Ketua Forum Kabupaten Pangandaran Sehat

125
×

Daun Anggur Dijadikan Makanan Keripik, Begini Kata Ketua Forum Kabupaten Pangandaran Sehat

Sebarkan artikel ini
Ketua Forum Kabupaten Pangandaran Sehat saat memegang Keripik Daun Anggur di Ciganjeung. (Foto:Ist/JM)

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Untuk membuat makanan, pastinya akan membutuhkan bahan baku yang tersedia di pasar. Namun, kali ini ada kelompok yang tergolong rajin membuat makanan keripik yang berbahan baku dari daun anggur.

Karena penasaran, Forum Kabupaten Pangandaran Sehat pun langsung melakukan kunjungan ke lokasi budidaya anggur di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran pada, Kamis 09 Maret 2023.

Scrool to Continue
Scrool to Continue

Ketua Forum Kabupaten Pangandaran Sehat Ida Nurlaela Wiradinata menyebutkan, bahwa di Desa Ciganjeng ada kelompok tani yang begitu rajin. Menurutnya, kelompok tersebut sangat luar biasa, karena mereka bisa membuat Keripik dari bahan baku daun anggur.

“Kelompok tani tersebut salah satu contoh petani yang gigih dalam memperjuangkan daerah, terutama menjadikan Desa Ciganjeng ini memiliki projek penanaman anggur, karena itu tidak mudah,” ucap Ida saat diwawancarai sejumlah wartawan di tempat budidaya anggur Desa Ciganjeng, Kamis 9 Maret 2023.

BACA JUGA :   Resep Pepes Tahu Kemangi Pedas Mudah

Menurut Ida, bahwa produksi daun anggur dijadikan Keripik itu tidak mudah, karena mereka harus menghadapi cuaca, misalkan jika cuaca hujan produksi akan terkendala. Namun karena kegigihannya, mereka berhasil melewati rintangan tersebut.

“Dengan perjuangan mereka, itu menjadi contoh soal yang baik, saya berharap satu produk pangan itu atau pun tanaman ada di satu desa,” tambahnya.

Sementara itu, sambung Ida, bahwa makanan Keripik daun anggur ini bisa digunakan menjadi produk pangan dan bisa dijual juga, yang tentunya dikonsumsi juga sangat renyah dan enak.

“Kalau rasanya sih malah kaya rasa daging bukan rasa daun, bahkan tidak beracun dan kondisinya juga sangat aman sekali dikonsumsi,” tuturnya.

BACA JUGA :   Saung Lek Dul Destinasi Wisata Kuliner di Kota Banjar dengan Konsep Jawa-Sunda

Pengolahan dan pasakannya juga sangat keren, dirinya juga sangat apresiasi kepada kelompok budidaya anggur tersebut.

“Mudah-mudahan pemerintah daerah juga nanti akan memberikan bantuan, karena ini sangat memberikan edukasi dari masyarakat yang mampu meningkatkan ekonomi rakyat seperti ini. Karena, diawali dengan ketangguhan seorang petani, mereka ini tidak memikirkan bantuan dari pemerintah, tetapi mereka berbuat dulu, baru pemerintah turun, jadi inilah salah satu inovasi yang dilakukan oleh petani yang ada di Desa Ciganjeng,” tandasnya. (dry)