Berita

Tradisi Suran di Banjar Mempererat Persaudaraan dan Gotong-Royong

207
×

Tradisi Suran di Banjar Mempererat Persaudaraan dan Gotong-Royong

Sebarkan artikel ini
Wakil Wali Kota Banjar melepas Kirab Sedekah Bumi yang diikuti oleh 45 kelompok perwakilan dari seluruh RT di Desa Waringinsari. Foto: Ucup/JM

BANJAR, JURNALMEDIA.ID –  Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana ikut menghadiri kegiatan Suran di Desa Waringinsari untuk memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Kantor Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin 24 Juli 2023.

Suran merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan pada malam tanggal 1 Sura/Muharam. Tradisi ini merupakan warisan budaya yang selalu dirayakan setiap tahun. Acara ini diisi dengan doa bersama lintas agama dan juga melibatkan gelar budaya seperti Kirab Sedekah Bumi serta Pagelaran Wayang Kulit.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana secara langsung melepas kirab sedekah bumi yang diikuti oleh 45 kelompok perwakilan dari seluruh RT di Desa Waringinsari. Kelompok-kelompok tersebut membawa berbagai hasil bumi serta nasi tumpeng yang akan dimakan bersama-sama oleh seluruh warga.

BACA JUGA :  Peringati 10 Muharram dan Syukuran, Sekretariat SATRIA Kabupaten Sukabumi Santuni Anak Yatim Piatu

“Saya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini dan menyatakan bahwa gelaran ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat menyambut tahun baru hijriah. Selain itu, rangkaian kegiatan ini juga sarat dengan nilai-nilai luhur budaya serta toleransi,” katanya.

Nana menambahkan, bahwa rangkaian kegiatan ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat Desa Waringinsari. Ia berharap bahwa kegiatan ini akan semakin mempererat persaudaraan dan silaturahmi di antara warga masyarakat Desa Waringinsari.

“Selain itu, kegiatan ini juga menjadi motivasi bagi masyarakat lain untuk menumbuhkan semangat gotong-royong di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Waringinsari, Kuswanti, juga menyampaikan harapan yang sama. Baginya, kegiatan ini menjadi sarana untuk lebih mempererat kekompakan, toleransi, dan semangat gotong-royong diantara warga Desa Waringinsari.

BACA JUGA :  Dibulan Ramadhan, Muzzy Space Bagikan Ratusan Sembako

“Saya berharap agar di masa depan, kegiatan ini bisa menjadi lebih baik, lebih maju, dan kekompakan di antara warga bisa lebih terjalin lagi. Semua ini merupakan langkah positif untuk menjaga dan melestarikan tradisi serta kearifan lokal dalam menyambut Tahun Baru Islam. Dengan adanya dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, acara Suran di Desa Waringinsari akan terus menjadi momen yang penuh makna dan kebersamaan,” ungkapnya.

Penulis: Ucup